Perkembangan Teknologi Yang Mengikuti Arus Uang

perkembangan teknologi

Perkembangan teknologi yang pesat tidak ada habisnya dan terus bergulir sepanjang waktu sehingga tidak sulit untuk meramal kedepan bagaimana teknologi akan berkembang. Yang paling sederhananya perkembangan teknologi selalu mengikuti arus perkembangan uang dan tidak lepas dari yang namanya bisnis.

Para vendor yang tidak mampu melacak dan mengikuti arus perputaran uang biasanya akan tersingkir dan perlahan lahan akan tertinggal dan bahkan mati. Masih ingat dahulu bagaimana nokia merajai pasaran penggunaan ponsel gengam, namun setelah kemunculan blackberry dan smartphone android dan iphone, nokia begitu tertinggal di belakangnya karena tidak mengikuti perkmebangan trend yang mengarah kesana.

Spotify sebagai salah satu tempat streaming mendengarkan musik tidak berhenti dari bisnisnya memberikan layanan mendengarkan lagu saja karena model streaming seperti ini tidak akan bertahan dan akan memerangkapnya ke dalam jalur yang sangat sempit. Untuk itu spotify mengembangkan teknologinya ke dalam podcast, dan ini adalah salah satu contoh sebuah trend bahwa perkembangan teknologi selalu mengikuti arus uang yang berputar.

Apple sendiri yang besar dari teknologi gadget terkemuka juga tidak berpatok pada pembuatan dan pengembangan gadget saja tapi mereka mulai masuk ke industri teknologi yang lebih luas seperti kelas fitness dan bahkan mungkin akan merangkak ke dalam pasar otomotif dalam waktu dekat. Apple bisa melakukan ini karena mereka memiliki fondasi yang kuat dan mengakar tentunya.

Namun bagaimana pun juga motivasi dari setiap perusahaan teknologi selalu memiliki alasan dan visi tersendirinya dalam mengembangkan bisnis mereka, dan secara sederhana ialah dengan mengikuti kemana uang itu mengalir kesitulah teknologi dan pengembangan mereka di lakukan.

Hal yang sama bisa di lihat dari amazon yang memulai bisnisnya dari menjual barang secara retail dan mendapatkan uang yang tidak seberapa darinya. Tapi amazon bisa bertransformasi sebagai raksasa industri teknologi dengan apa yang ia lakukan sekarang. Begitu pula halnya dengan google perusahaan teknologi nomor satu di dunia sekarang ini. Google pada awalnya hanya menjual iklan digital untuk para vendor, namun mereka tidak berhenti di situ dan terus mengeksplor kemana uang bisa mengalir dan membuat jaringan bisnisnya yang terus membesar dari waktu ke waktu.

Satu lagi yang trending belakangan ini adalah tik tok dimana banyak warganet dari berbagai dunia memainkan apps ini walau mengundang banyak pro dan kontra yang di blok di berbagai negara. Pada dasarnya dari tiktok ini adalah sebuah trenda yang berhasil menarik perhatian secara masif dan global namun tentunya perusahaan bytedance selaku pemilik tiktok tidak akan bertahan dengan layanan shortnya saja dan kedepannya teknologi yang di kembangkan ini akan menuju ke aliran perputaran uang yang, jika tidak maka kelangsungan dari raksasa tech ini kemungkinan akan stuck dan tertinggal di belakang.

Contoh yang lain juga bisa di lihat dari facebook yang selalu mengupdate teknologinya dari waktu ke waktu dengan memperhatikan minat dari para penggunanya. Sebagai salah satu langkahnya facebook pernah mendesain feednya untuk sedikit menenggelamkan pembahasan politik dan mencoba menggantinya dan feed lain. Tapi setelah pengujian beberapa waktu facebook mempelajari bahwasannya ide yang di lakukan dengan mengurangi feed politik maka orang orang dan para penggunanya menghabiskan waktu mereka lebih sedikit di apps itu. Untuk itu facebook mencabut update tersebut dan mengoreksi beberapa hal untuk menyempurnakannya

Dari kajian sederhana ini maka bisa memberikan sedikit banyak insight kepada para tech passionate yang sedang mengembangkan produknya untuk lebih memperhatikan kemana uang itu mengalir dan mengujinya dari waktu ke waktu. Pengujian ini menjadi sesuatu yang penting dan fundamental sehingga bila di lihat hampir semua apps selalu rajin memberikan update.

Contoh paling sederhananya adalah pada gadget yang anda miliki, setiap minggu pastinya selalu saja ada permintaan untuk mengupdate aplikasi yang di gunakan dimana itu semua berbasis dari patch dari perusahaan apps tersebut untuk meningkatkan performa dan algoritma dari teknologinya untuk melihat bagaiaman hasil dari setiap pengujian dan pembaharuan yang di lakukan sehingga dengan pengkuran yang tepat dan kemudian di evaluasi maka akan bisa mendapatkan sebuah kesimpulan bagi tech company tersebut.

Sebagai catatan akhir bila anda mengembangkan teknologi apapun itu cobalah untuk melihat bagaimana respon dari penggunanya terlebih dahulu dan pada dasarnya tech selalu berubah trend dari waktu ke waktu dan kadang perubahan itu terlalu cepat untuk di sadari. Apabil terlalu berfokus pada kesempurnaan maka jelas akan tertinggal dan dengan teknologi harus mempraktekkan filosofi learning by doing di sepanjang pengembangannya dan mampu melihat secara terbuka bagaiman peluang dan trend berkembang. Jangan sampai apa yang anda kembangkan merupakan sebuah masa lalu yang sudah di lewati oleh para pengembang terdepan.